Kita dan Kalian




Nova gerogi, jarinya ngelipet lipet jari yang lainnya. Pelan pelan dia ucap “maaf wan, aku belum siap, aku masih berkomitmen untuk ga pacaran dulu..”
Gua diem, lalu gua sambut “oh yaudah, aku akan nunggu kamu kalo kamu udah siap..”

Penolakan gua oleh Nova emang cukup bikin gua jalan sambil sikap kayang. Ini kedua kalinya gua ditolak oleh dia. Iya, sebelumnya gua juga gagal buat dapetin dia. Kalo yang pertama emang wajar gua ditolak. Gua yang kesannya terlalu buru buru buat dapetin dia. Padahal waktu itu, gua sama dia cuman deket lewat sms an. Emang gua nya aja yang otaknya rada kebentur tembok jadinya main asal nembak sebelum ada persiapan.

Tapi yang kali ini beda.

Setelah gua gagal untuk yang pertama buat nembak dia. Gua coba buat lebih nunjukin perhatian lagi lewat keseharian yang nyata di sekolah.  Semuanya berjalan dengan baik. Gua cukup akrab dengan teman temannya.
Rela jadi orang aneh di depan dia sama temen temennya kayak kambing jerit jerit “Mbeeeek…! Mbeeek..! Mbek mbek mbeeeeeek..!” yang sepengetahuan gua artinya adalah “Jangan sembelih aku..! Jangaaan"

Gua juga memberi beberapa barang yang dia suka, doraemon adalah kesukaannya. Biar kesannya, gua itu orangnya menarik. Meski sempet khawatir juga, sama cewek yang suka robot kucing takut tikus itu, dan akankah bisa bersatu sama orang ajaib kayak gua yang takut sama kecoa terbang.

Dan pada suatu hari..
Gua mendapatkan keyakinan dari apa yang gua pikirkan saat gua melakukan paduan suara dengan indah di dalam WC (baca: boker sambil ngeden ngeden melodis)

“Iya, gua harus tembak dia. Gua rasa, pedekate ini udah cukup lama dan gua yakin……”

Yakin untuk ditolak sodarah sodarah.
Iya, benar sekali gua ditolak. Kalo kata temen gua, hati gua itu udah penuh luka sobekan. Kayak di film spiderman yang saat itu si Peter Parker nahan kereta, terus bajunya sobek sobek. Iyak, bajunya itu ibarat hati gua dan keretanya itu ibarat kata kata penolakan dari Nova.

“ Kok ditolak sih…?” Dalam hati.

Gua diem, diem, diem, bengong, diem, diem… Sampai akhirnya gua ngupil.
Setelah mengalami perjalan ngupil yang berkelok kelok sambil dikerubungi asap asap kentut bau kegagalan bercinta, gua.. dibalik jendela angkot gembel yang supirnya genit.. gua melamun.
Melamun tentang apa yang gua ingin lamunin.

“Mungkin, mungkin emang bener dia masih berkomitmen untuk ga pacaran. Gua harus percaya sama dia… Iya… Harus.”

Sampai suatu hari…
Dia kembali bersama cinta lamanya.

***
   Sebelum dia kembali sama cinta lamanya (baca: mantan/saingan/yang bikin gua jadi trauma psikologis cinta) Nova sempet ngasih 2 surat untuk gua. Surat pertama dia menceritakan tentang gua di mata seorang Nova dan surat kedua adalah ucapan terimakasih serta hadiah balasan untuk kebaikan gua selama ini buat dia.
Tapi, kalo buat surat kedua, ada suatu kejadian yang mungkin bikin dia kecewa sama gua. Gua ngerusakin hadiah yang dia kasih buat gua. Saat itu gua kayak babi lepas, yang mengamuk membabi buta. Tapi, karna bau gua nyerempet nyerempet bau kambing, dalam konteks ini gua kayak kambing lempas. Mengamuk meng-kambing buta sampe sampe hadiah jam tangan yang dia kasih buat gua, gua rusakin. Satu respon kata dari temen gua ke gua saat itu, Horror.

Terlepas dari hal horror yang bikin Nova shock berat. Seperti dia mendengar misteri yang akhirnya terkuak, bahwasanya gua itu sebenernya banci, “Nova, lo tau ga? Irwan kan banci ! Titit dia sempet hilang grgr dicaplok ayam jago, terus dibuang lalu dibakar…” Akhirnya dia balikan sama mantannya.

Gua pulang jalan nunduk, mirip babi lagi jalan sama emaknya. Pusing dengan pikiran yang ngebuat gua pusing. 
Sampe di rumah, gua melemparkan badan gua ke kasur. Gua membalikkan badan gua, menggeser ke arah kipas. Badan Sejuk. Tapi hati panas.
Dibalik jendela, gua masih kepikiran Nova. Gua lebih milih melamun dan ga ngelakuin apa-apa. Sambil berpikir, berpikir, berpikir… 
Mengapa seperti ini? Mengapa waktu belum menemukan kita di titik temu?
Untuk di sekolah ini, gua naksir sama cewek dan semuanya ditolak. Iyak, dengan sukses gua dijuluki irwan si cowo doyan ditolak.

Mungkin benar nyatanya, gua selalu lebih cocok dijadikan posisi teman. Iya teman, bukan pacar. 
Mungkin cara gua juga yang salah. Gua terlalu dekat, mungkin juga dia bosan gua deketin mulu. Tapi yang gua tau, orang yang berhasil bikin cewe ketawa, dia menyimpan nilai plus buat dijadiin pacar. Sayangnya gua bukan orang, gua lebih mirip kambing atau ga siluman lutung yang terkadang ga bisa dipikir pake akal sehat dan dilogika dengan nalar. Payah.

Tadinya gua pikir, dia bener bener ga mau pacaran dulu.
Tapi mungkin, sekarang udah tergambar jelas.
Ada kata “Sorry wan gua gamau jadi pacar lo, gua mau balikan aja..” dibalik kata “Aku belum siap, aku masih berkomitmen untuk ga pacaran dulu.”

Hal ini yang membuat gila. Untuk status sebagai “hanya teman” ini berhasil ngebuat gua pengen loncat dari lantai 25 terus ngegelinding 7 turunan 7 belokan.
Gua sayang sama Nova, entah kenapa gua bisa jadi sayang sama dia gua juga ga tau sebenernya. Menurut gua, apa sayang harus butuh alasan? Tapi, orang yang sayangnya ga pake alasan, kerap kali cuman dijadiin teman. Atau enggak paling bagus tuh adek-kakak an. Gamungkin bakal jadian.
Tapi seenggaknya semua ini bikin gua berpikir. Mungkin kisah percintaan gua gagal lagi. Mungkin cara gua salah untuk selalu mendekati wanita. Mungkin gua terlalu gampang memberi hadiah untuk wanita yang gua sayang, padahal wanita itu belum gua miliki. Dan mungkin juga, gua terlalu takut menjumpai rasa bosan dan kesepian, sampai akhirnya gua menyadari beberapa hal.

Gua belum boleh bilang rela, kalo sampai saat ini gua masih aja ngarepin dia putus. Gua juga gabakal pungkirin, kalo gua masih berharap sama dia. Dan yang terakhir, gua mau bercanda sama Nova, gua mau cuek cuek an sama Nova, gua mau disebelin sama Nova, semuanya, karna itu buat gua bahagia. Gua jadi paham, mungkin cinta Nova dulunya buat gua, tapi dianulir ke mantan dia. Dan sampai saat ini gua masih butuh waktu, waktu, waktu, waktu... Waktu untuk membenturkan kekeras kepalaan gua, bahwa gua emang gabisa terus terusan begini ke Nova.

Gua jadi bisa mengerti,
bahwa posisi,
status,
semua peristiwa yang kita lewati dan konspirasi lainnya, pernah menjadikan gua dan Nova sebagai…

Kita, yang hanya teman.

Dan menjadikan Nova dan dia sebagai...

Kalian, yang bersatu.

0 Komentar:

Posting Komentar