HelloFest9 Anima Expo [10 November 2013] #Part1



   Minggu kemarin, gue dengan 3 anak tapir (temen - temen gue)  mengunjungi sebuah festival di Senayan, Jakarta. Nama festivalnya adalah HelloFest9 Anima Expo.
Kenapa namanya HelloFest9 Anima Expo? Kenapa namanya bukan HelloFest666 AniYudhoyono? Mungkin festival ini sudah sembilan kali diselenggarakan dan kata Anima Expo dibelakangnya menunjukkan identitas bahwa festival ini lebih cenderung menampilkan cosplay. *Analisa paling sok tau*

   Seperti yang barusan gue bilang, festival ini lebih mirip seperti acara budaya modern yang sering disebut cosplay. Semua orang memakai kostum tokoh favorit yang ada di film – film kartun jepang, film – film holywood, film – film porno, game online atau tokoh budaya indonesia seperti wayang dan sebagainya. Tapi setelah ditelaah lebih dalam lagi, festival ini juga menampilkan beberapa lomba,seperti: lomba film pendek, film animasi, film 8 detik pas, lomba mural & graviti dan acara yang menurut gue paling keren adalah “Kostumasa”. Belum tergiur dengan acara ini? Mari gue tunjukkan beberapa poster tentang HelloFest9
Poster HelloFest9
HTM-nya cuman 15K brooo!

   Setelah melihat poster tersebut kemudian mencari informasi tentang festival itu, tanpa kebanyakan mikir gue langsung kasih informasi ini ke temen - temen. Gue yakin mereka bakal sependapat dan langsung berantusias "Ayook! Kita berangkaaaat!! (งˆ▽ˆ)ง"

***

Behind the scene

   Gue mendapatkan informasi tentang festival itu jauh sebelum hari H, kalo gak salah tanggal satu November dan langsung membeberkan ke temen - temen lewat twitter.
Keesokan harinya, gue menanyakan langsung ke temen - temen tentang festival itu. Mereka pasti gak bakal nolak. Pasalnya salah satu dari kita belum pernah mengunjungi festival tersebut, melihat para cosplay beraksi dari dekat, dari mata kepala sendiri. Kita hanya pernah melihat cosplay - cosplay dari media internet dan lainnya. Itu kurang seru! Maka dari itu gue yakin mereka gak bakal nolak.

   Kita berempat, duduk di warung meja makan, lalu gue mengajukan pertanyaan,
"Jadi, gimana nih tentang festival itu?"
Temen gue, Andra—yang dari semalem kayaknya abis disekap di rawa - rawa nampaknya masih belum tau tentang HelloFest9. "Festival apaan mblo wan?"
"Itu.. HelloFest9, festival pop-culture tergokil se-Indonesia. Disana ada para cosplayer, pameran film animasi sama film pendek, pokoknya seru deh.. Kesana mau gak?" Dalem hati gue yakin dengan penjelasan ini dia gak bakal nolak seenaknya.
"Oh.. gue gak tau deh. Gue lagi niat beli gadget." Dia nanggepin sekenanya sambil masih asik bbm-an.
Kaampreeeet! Lo itu bego apa bloon?! Masak lu nolak gitu aja festival sekeren ini?!
Gue masih berusaha meyakinkan, "Lo yakin? Acaranya keren banget, lho. AFA udah kita lewatin, masa acara ini juga harus kita lewatin?"
Temen gue yang satunya—Rena, yang dari lahir rasa nasionalisme-nya sudah kurang, malah nyeletuk menohok "Yaelah mblo wan, cosplayer sama animasi lokal mah jelek. Apa yang seru coba?"
Januar—temen gue yang terakhir, yang dari tadi cuman diem akhirnya mulai buka mulut, "Gue mah terserah kalian pada.."
   Sialaaan! Apa yang coba gue tebak adalah respon positif tapi yang kejadian malah sebaliknya. Salah satu dari mereka gak ada yang tertarik sama festival itu. Nanyain informasi tiketnya aja enggak, apalagi tempat lokasi dan informasi lainnya.
"Lo semua yakiin gak tertarik?!" Gue berusaha mendominasi suasana dengan sekali lagi melempar pertanyaan. Tapi jawaban yang gue terima adalah diam. Mereka cuman diam. Ibarat tamparan buat gue untuk tidak menanyakan hal yang sama. Gue menarik ludah.

   The-very-tai-kucing-moment-is-when-you-sudah menjelaskan sesuatu dengan semenarik mungkin tapi respon yang you terima se-menjengkelkan mungkin.
   Gue akhirnya kembali duduk dan sibuk dengan pembicaraan lain. Sambil menahan kecewa karna gak ada yang sependapat. Sesaat gue terpikir pengen toyor - toyor-in kepala temen - temen gue biar mereka sadar kalo festival ini bakal seru banget. Tapi kalo gue noyor-nya dengan segenap emosi karna udah ditolak mentah - mentah bisa jadi kayak kesurupan.
   Akhirnya, gue menerima keputusan yang kalah telak dengan perasaan kecewa.

   Gue mendengus lesu. Acanya se-keren ini, harga tiketnya yang terjangkau (tidak termasuk ongkos) masa dilewatin begitu aja. Gak ikut partisipasi mengikuti acaranya.
   Bukannya ingin pamer. Tapi sekali - sekali gue butuh liburan tentang hobi gue ini. Gue sangat menyukai film - film kartun jepang khususnya animasi. Gak ada salahnya kan kalo gue pengen banget dateng? Toh mumpung festival ini terjangkau harga dan lokasinya. Festival ini gak mewah tapi pasti meriah. Lagi pula dengan ikut berpartisipasi dengan acara ini kita jadi tau bahwa animasi lokal gak kalah saing dengan animasi luar. Orang - orang kreatif dari lokal udah mulai lahir di sini, di festival ini.
   Pemikiran super keren gue ini tentang HelloFest9 gak didukung dengan pendapat dari temen gue masing - masing. Mereka cuman bilang "Ada yang lebih penting daripada sekedar mengunjungi festival". Ada sih satu temen gue yang sangat penasaran sama HelloFest tahun ini. Tapi ya cuman satu. Masa iye kita berduaan ngucuk - ngucuk dateng ke festival itu. (((berduaan))). Bisa - bisa dikira pasangan homo yang lagi liburan.


   Acaranya besok udah mulai. Gak ada yang berubah dari pendapat temen gue masing - masing. Satu - satunya yang bakal berubah adalah perasaan kecewa yang menjadi rasa sesal karna festival itu ternyata keren abis dan kita gak ikut ambil bagian. Gue udah ikutan ketularan males buat dateng. Yaudehlah, biarin aja. Gue udah berusaha ngajak tapi malah ditolak. Pikir gue saat itu.

  Keesokannya gue mendapatkan DM dari temen gue, dia bilang disitu:
"mblo Wan, besok dadakan ke HelloFest berani gak?"

Gue yang udah terlanjur males buat dateng ke festival itu cuman bales cuek setengah gak peduli, "rame."

Selanjutnya kita berdua saling adu tojos bicara dulu sebelum sama - sama sepakat bahwa hari Minggu kita bakal dateng ke HelloFest9. Sebelumnya, kita udah telat satu hari untuk dateng ke HelloFest karna acaranya dimulai dari hari Sabtu. Dari informasi yang gue dapet tentang HelloFest waktu hari sabtu, HelloFest tahun ini gokil abis. Semua pengunjung kedapetan seru dan kedapetan puas.
Beberapa informasi yang gue dapet tentang HelloFest9 tanggal 9 November 2013

Rundown
Nonton bareng film pendek dan film 8 detik!
UNJUK RASA ANIMASI LOKAL! ~~\o/


Garden of Words-nya Makoto Shinkai
Zero Battle Royal
Bisa gue bayangkan festival ini emang harus masuk di list acara bulan November. Kalo bisa ditaro di urutan paling atas. Festival ini serunya bukan main. Sekali dateng pasti bakalan ngoceh di sosial media dengan pembahasan "besok adakan lagi festival seperti ini!"


#NB : Biar postingan ini gak terlalu panjang dan jadi males dibaca, makanya gue membuat postigan ini jadi beberapa bagian. Lanjutannya, tinggal langsung klik disini

14 Komentar:

  1. serunya, mana foto cosplay nya ini?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Iya, emang keren. Sayang banget kalo minggu kemarin gak dateng :D

      Hapus
  3. di Jogja gak ada apa yak acara ginian? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm, mungkin ada kok. Coba cari informasi di sosial media atau sesekali main aja ke Jakarta ( .___.)9

      Hapus
  4. Hhaha, . kasian amat Kakak, udah promosi, eh ditolak. Kecewa banget pastinya?!
    Coba ngajakin aku, nggak bakal d tolak deh. Tp, gratis ya. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiik ~~(/´▽`)/ Boleh kok kapan - kapan diajak gratis, tapi cuman sampe gerbang masuknya aja yaak ~~\o/

      Hapus
  5. Emang selalu seru dan keren nih acara, tapi sayangnya belum satu kalipun saya dapet kesempatan buat dateng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok tahun depan dateng jangan mau ketinggalan (งˆ▽ˆ)ง

      Hapus
  6. Hiksu, sayang sekali aku tinggal di Medan T.T Padahal kelihatannya seru nih. Maunya tahun depan HelloFest10 diadakan di 10 kota serentak di Indonesia #loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ide bagus nih! Pasti se-indonesia bakal kedapetan seru ~~\o/

      Hapus
  7. hihi.. kalau ikutan acara gini mah. Enakan cuci mata liat yang bening-bening (eh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bro. Coba intip di Part3, banyak yang bening2 di mata ~~\o/

      Hapus