Romansa 16 Tahun




   Satu hari ke depan, tahun baru segera menjelang. Sudah sepatutnya kita mendata list kembali apa saja yang bakal kita lakuin di tahun mendatang. Ada yang mau lanjut ke SMP, SMA, kuliah dan ada yang belum wisuda *ngelirik mahasiswa/i yang lagi puyeng ngegarap skripsi*
   Tahun baru selalu identik dengan flashback terhadap hal – hal yang sudah kita lakuin di tahun – tahun sebelumnya. Nah, pertanyaannya adalah, apa yang telah kalian persembahkan untuk tahun ini? 
Mulai dari yang kecil dulu, apa yang sudah kalian persembahkan terhadap diri sendiri dan keluarga? 
Apa sudah sesuai dengan yang diharapkan? Atau masih berpikir kalo hidup itu “nikmatin yang sekarang, urusan besok dipikirin nanti?” It’s time to grow up, men!
   Tahun ini gue menginjak umur 16 Tahun. Iya umur gue masih 16 tahun. Masih imut – imut, masih lucu serta unyu, masih cute bunny sweaty dan masih halal bagi siapa aja yang mau ngajak jadian. Banyak hal maupun fenomena – fenomena yang gue alamin selama 16 tahun ke belakang ini. Dari yang mungil segede biji kwaci sampe yang besar segede gorilla belum diet.
  Bagian paling menyenangkan dari tahun baru sendiri adalah saat dimana kita mengingat hal - hal yang terjadi di masa silam. Setelah mengingatnya, tentu kita bakal menceritakannya ke orang - orang yang bersangkutan. Ada pula hal - hal tersebut dijadikan sebagai pelajaran atau evaluasi untuk ke depannya. Namun tak jarang juga, pengalaman selalu ingin dibuang dari ingatan.
   Dengan segala pengalaman yang gue dapat dari tahun 2013, ada beberapa hal yang mesti harus dicatat sebagai contekan ujian di masa depan. Well, gue akan membagikan 3 pengalaman yang paling berpengaruh selama 364 hari yang sudah terlewat. Tujuannya sih, untuk sekedar berbagi dan menikmati pengalaman seseorang. So, kali ini kita bakal travelling ke pengalaman gue, chek this out!
  
***

   Percintaan—Selama dua tahun ini gue belum punya pacar lagi. Gelar paling tinggi yang gue dapat selama menjalani percintaan selama dua tahun hanya berstatus sebagai gebetan, bukan pacar. Sedangkan gelar paling rendah cuman sebatas kenalan. Iya, baru kenalan langsung dilupakan. Kebayang kan gimana rasanya? Tapi kayaknya cuman gue di sini yang bisa merasakan *nangis sesenggukan* *nangis di dadanya nabilah JKT48*.
   Sebenarnya, gue punya beberapa kenalan cewek di sekolah maupun luar sekolah. Cuman sayang, gue selalu ditolak. Padahal kalo diliat – liat dari cara gue kenalan dan pedekate sama ntu cewek, semua selalu berjalan normal. Gak ada yang namanya gejala – gejala bakal ditolak atau mustahil diterima. Semuanya selalu lancar sampai gue udah begitu yakin untuk menyatakan perasaan.
Tapi ending-nya? Gue ditolak dengan alasan yang paling basi, yakni
  “Maaf, lo itu terlalu baik, wan. Gue cuman anggep lo sebagai teman doang..”
   “Oh… kalo gue jadi jahat, lo mau nerima gue nggak?”
  “…enggak.”
   *gue langsung colok idungnya*

   Ada beberapa mantan gebetan gue yang berasal dari sekolah seperti Agra dan Nova. Sedangkan yang dari luar sekolah adalah Savany dan yang satunya lagi, namanya akan gue samarkan menjadi Sari.

   Agra—dia adalah cewek dengan jidat terlebar yang pernah gue temukan setelah jidatnya Zinedine Zidane. Kedekatan gue dengannya sangat simple. Yaitu, lewat curhatan Agra tentang mantannya.
Gimana rasanya setiap obrolan selalu dikaitkan sama mantan? Kadang ngeselin dan kadang nyenengin. Ngeselinnya sih kalo si Agra ini lagi nyeritain masa – masa indah sama mantannya. Kalo nyenenginnya, gue sering curi – curi kesempatan buat ngerangkul dia. Tapi kemudian gue langsung disundul.

   Nova—cewek mungil serta manis ini selalu ngupil di bawah meja ceria setiap hari. Kalo sekali liat wajah dan senyumnya, kalian bisa nebak kalo dia itu tipe orang yang paling enak diajak bermain. Dia berkerudung dan cara bicaranya ngegemesin. Hidungnye pesek, pesek abis kayak abis kebentur benda tumpul.
Gue sempet curiga kalo itu bukan hidung, melainkan miniatur yang susah dilepas.
Tapi ketahuilah, dia sangat manis.

   Savany—cewek yang gue kenal saat Prakerin ini selalu pendiam dan gak banyak tingkah. Seperti yang cowok – cowok lihat pada umumnya, Savany itu cantik, putih dan jadi idaman. Cuman satu hal yang minus darinya, cuek dan pendiam. Kalo misalkan diadakan kontes “Siapa yang Paling Lama Diam?”, gue yakin saingan terberat Limbad adalah Savany. Gue gak pernah berbuhungan kata dengannya, tapi diam – diam gue menyimpan rasa suka. Dan beberapa waktu kemudian, gue mendapatkan nomer hp Savany dari temen gue. Belakangan juga gue tau, nomer itu adalah nomer rumah sakit jiwa.

   Sari (Nama Samaran)—cewek yang dikenalin sama temen SD gue ini kayaknya punya hobi ngusilin orang. Gue punya prasangka seperti ini karna sering stalk akun twitternya. Dia itu manis, sederhana dan mungkin juga humoris. Gue cukup seneng bahwa temen – temen gue ngedukung untuk jadian sama si Sari. Tapi, ada sebuah ganjalan besar. Yap, gue bingung dan kadang gak nyambung kala pedekate dengannya.
   Bingung karna jaman sekarang adalah jaman dengan serba gadget yang mewah sedangkan gue masih dengan hp keramat yang kalo nyebur ke kolam, masih bisa idup. Jaman sekarang sms-an itu udah hal kuno banget dan yang paling trend di masa kini adalah chatting via bbm, line atau aplikasi gadget – gadget yang lain. Gue gak mungkin ngebiarin si Sari keabisan pulsa terus demi bales sms gue yang sekedar mau ngegebet dia. Ditambah lagi, si Sari pun juga udah punya gebetan. Terpaksa rencana gue untuk ngegebet si Sari berakhir sia – sia. Kalo suatu saat gue berpapasan dengannya, gue bakal nyebut dia sebagai, gebetan yang gagal.

***

   Sekolah—Masa sekolah di umur 16 tahun ini gue habiskan di dunia kerja selama Prakerin.
  Prakerin itu apaan, wan?  Prakerin itu singkatan dari Praktek Kerja Industri atau kalo di dunia perkuliahan lebih dikenal dengan sebutan Magang
   Singkat cerita, gue ini sekolah di SMK (Sudah Mamam Kabur) (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) atau kalian bisa nyebut diri gue sebagai Anak IT. 
   Nah, karna jurusan gue adalah RPL, maka seharusnya tempat gue Prakerin itu adalah tempat yang berkaitan dengan kabel, komputer dan segala perangkatnya. Tapi tempat Prakerin yang gue terima adalah sebuah industri otomotif. Ngaco? Emang.

   Sebelum masuk ke situ, gue dikasih tau sama guru pembimbing gue kalau gue bakal kerja di bagian jaringan, sistem informasi dan menjadi kendali di sebuah industri itu. Mendengar penjelasan tersebut, senyum yang sumringah langsung memenuhi wajah dan segala ekspetasi yang luar biasa berkeliaran di dalam kepala. Namun kenyataan justru bertolak belakang dengan harapan. Gue bukan ditempatkan di bagian jaringan atau sistem informasi atau bagian yang menjadi kendali dari sebuah industri, melainkan gue ditempatkan di bagian gudang. Mendengar kata gudang saja, semua orang sudah bisa menjelaskan bahwa tempat itu kotor, kumuh dan penuh debu di sekelilingnya. Gue pun menarik ludah.
   Seminggu menempati kehidupan di gudang, gue berusaha menerima seadanya. Angkat – angkat barang seperti kuli pesuruh dan sesekali merapihkan meja kerja sudah jadi pekerjaan yang harus gue lakuin.
   Demi menciptakan personal branding dan jaga nama baik sekolah, gue harus bisa nerima segala perintah dengan baik. Iya, meski hati berkata sebaliknya.

   Beranjak sebulan, gue udah menunjukkan sifat – sifat gak betah untuk melanjutkan. Bukan, pekerjaan di gudang yang berat itu udah bisa gue jalanin dengan senyum – senyum ala security yang sedang ingin minta uang tambahan. Tapi penyebab gak betah ini karna pegawai – pegawai pabrik di sini yang suka seenaknya nyuruh anak magang. Kadang gue disuruh untuk kerja di luar bagian gudang dan kerjaannya sering gak sewajarnya. Dan pernah waktu itu, gue sempet ingin menyudahi Prakerin dan bener – bener muak dengan pekerjaan yang tidak layak.
   Gue pernah disuruh kerja dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore hanya untuk mengumpulkan plastik bekas sambil berdiri persis seperti mesin, bedanya gue ini manusia dan masih punya lelah.
Karna kesal dengan pekerjaan yang bisa bikin gue kelelahan tiga kali lipat, gue kecelakaan setelah pulang Prakerin. Sekujur tangan dan kaki menerima luka yang lumayan. Akhirnya, gue diliburkan sementara.

   Setelah sembuh, gue penah bertanya – tanya kenapa harus anak magang yang menjalani kerja seperti ini? Apa iya dari ribuan pegawai di sini tidak ada yang bisa disuruh untuk kerja seperti ini?
Salah seorang pegawai—yang amat baik dan gue kenal saat itu—menjawab, “Di sini gak ada yang mau, tong. Mana ada orang yang mau disuruh kerja ngumpulin plastik doang? Iya gak?” Gue meringis.
   Kalau ada yang bertanya “Kenapa nurut disuruh kerja yang sangat berat?” Jawabannya adalah karna gue adalah anak magang. Gue hanya sebatas numpang, kalo menolak perintah otomatis pelecehan yang akan gue terima. Gue bakal dikeluarin dan industri ini akan memandang jelek nama sekolah gue. Itu pula sebabnya, gue dan teman gue yang merasakan hal sama, ingin meminta untuk menyudahi Prakerin ini karna alasan tidak sanggup. Namun salah seorang temen gue yang lain—saat gue ceritakan hal ini—dia hanya membalas, “Makanya, wan. Jangan ber-ekspetasi terlalu tinggi. Hidup itu terima kenyataan aja”.
    Gue sedikit kesal. Dia yang tidak pernah merasakan hanya bisa memberikan cibiran.
Tapi yang dia katakan ada benarnya juga. Apa iya dengan hanya mengeluh gue bisa melewati semuanya? Dan apa iya setelah gue keluar dari tempat Prakerin yang menyebalkan ini akan mendapatkan tempat Prakerin yang lebih layak?

   Keputusan untuk menyudahi Prakerin itu gue urungkan kembali. Gue mencoba bersyukur dengan apa yang udah gue terima dan yang sedang gue jalani, meski yang keseringan hanyalah mengeluh dan terus berkeluh. Dan ternyata benar, everything happens for a reasons.
   Di penghujung akhir menjalani Prakerin, gue merasakan apa yang gue jalani ternyata tidak terasa berat sekalipun. Gue pun semakin banyak mengenal dan terbuka dengan orang – orang sekitar, khususnya para pegawai pabrik di bagian gudang.
   Mereka menerima gue dengan baik dan tidak sama sekali memberikan pekerjaan di luar batas kemampuan. Mereka tidak pernah memarahi gue meski gue sering membuat kesalahan – kesalahan fatal. Mereka pun yang meminta gue untuk fokus sembuh terlebih dulu pasca gue kecelakaan. Dan mereka juga memberikan apresiasi yang besar kepada gue di kala guru gue menanyakan, “apakah anak magang saya berbuat macam – macam?”
    ...kemudian mereka menjawab dengan memberikan nilai yang sempurna.

***

   Keluarga—Di umur 16 tahun ini gue semakin mengerti apa pentingnya sebuah keluarga. Meski pada akhirnya keluarga kandung gue hanya menyisakkan abang gue saja (setelah sebelumnya ibu dan ayah kandung gue meninggal secara bergiliran). Sekarang gue dirawat oleh Ibu tiri dan orang – orang sekitar yang masih bersedia menganggap gue sebagai anak. Meski mereka bukanlah keluarga yang gue harapkan, tapi merekalah yang menemani gue selama ini saat gue berteman dengan kesepian.
   Bahkan dari pengalaman yang sudah – sudah—saat gue banyak melakukan kesalahan – kesalah besar pada mereka—kehadiran gue masih mereka terima. Dan sampai sekarang pun gue masih terpikir, apa saat itu gue ini manusia atau iblis yang berwujud binatang? Yang dengan tega pernah menikam majikannya sendiri yang susah payah memberinya makan. Ah sudahlah. Pengalaman hidup yang lainnya akan gue ceritakan lain waktu.

   Keluarga bisa saja berubah menjadi menyebalkan. Jangan munafik, kalian tentu pernah kesal dengan ibu, ayah atau saudara – saudara kalian, bukan? Gue pun pernah merasakan hal yang sama, kakak tiri gue salah satunya.
Dia adalah orang yang menurut gue keras kepala dan mudah tersinggung. Salah sedikit, dikomentarin. Ini begini, dikomentarin. Apa gue pernah merasa jengkel? Sering! Apalagi ditambah dengan sifat anaknya yang susah diatur.

   Setiap pagi adalah pagi yang buruk di hidup gue. Kenapa? Bagi gue, tidak ada pagi yang tidak disertai dengan suara jerit tangis anak kecil, amarah dari seorang ibu yang meledak – ledak dan acara gosip di tv yang selalu disiarkan dengan volume besar. Gue tidak ingin melawan. Biarkan saja begitu daripada menambah situasi semakin runyam.
Mungkin irwan yang kalian kenal di luar—yang doyan bercanda dan sangat pantas ditertawakan—sangatlah berbeda dengan irwan di balik layar (rumah).
   Apakah gue merasa sengsara? Tidak, justru sebaliknya, gue bahagia.
Gue percaya bahwa segala cibiran dari kakak tiri gue itu ada maksud tujuan baik. Dan keluarga ini, selalu mengajarkan apa yang tidak gue dapat dari manapun, pengertian.
   Gue yang di rumah adalah gue yang sangat pendiam. Seharian hanya ada di kamar dan termangu di depan layar. Gue sering ditegur nyokap untuk sesekali berkumpul sekedar bicara bersama, tapi gue selalu bingung untuk menjawab serta menjelaskannya.
   Gue cukup pemalu, entah kenapa gue seperti ini pada keluarga yang telah menemani gue selama ini.
Kalau kalian bertanya, “apakah ada keinginan untuk berkumpul bersama dengan keluarga ?” ...sejujurnya, gue sangat ingin. Tapi.. ah sudahlah, sangat sulit untuk gue jelaskan.
   Mungkin kalo kata orang – orang adalah terlanjur. Gue terlanjur pendiam dan susah bergaul dengan keluarga sekarang.
Untungnya, lambat laun mereka mulai mengerti dan gue pun ingin menghilangkan sifat yang membebani ini.
   ...belum, sifat ini belum hilang. Namun gue punya keinginan yang lain, menawarkan beberapa bukti yang bisa membuat mereka tersenyum tanpa mengukir janji terlebih dulu.
Menurut gue, lebih baik menepati janji meski gak pernah membuat daripada membuat janji tapi gak pernah dibayar tepat. Iya, ini emang maksa, wajar kalo banyak yang gak ngerti.

***

   Dari 3 pengalaman di atas, gue mendapatkan beberapa pelajaran penting di tahun 2013. Yakni, pengertian, rasa sabar, bersyukur dan tidak terburu - buru mengerjakan suatu hal. Pelajaran penting ini yang nantinya akan menuntun gue di masa depan untuk tidak ngelakuin hal - hal yang sembrono. Atau setidaknya jika gue ingin melakukan kesalahan yang berulang, gue hanya perlu memikirkan dampak yang telah gue lakuin di masa silam, sehingga gue akan berpikir dua kali untuk melakukannya.
   Di penghujung 2013, sifat - sifat buruk gue tentu masih ada. Misalnya sih kayak suka pipis di dalem botol sama nonton bokep diem - diem kadang masih rajin buat ngelakuin. Sifat buruk yang paling ekstrim dari gue adalah suka cepirit di celana. Iya, daripada postingan ini makin ngelantur dan gue bakal dicekal sama ormas agama atas tulisan yang sama sekali tidak berwawasan, yang terpenting dari semua ini adalah,
you can run as long as possible, but you can't run the way of life

...sekian dan terima aku sekarang!

3 Komentar:

  1. Masih 16 tahun sih, tapi bayangin kalau umur 16 tahun kamu udah mulai belajar sesuatu yang paling kamu suka dengan serius. Wah, umur 21 tahun kamu udah expert!

    BalasHapus