Mengatasi Sikap Manja

Cara Menghadapi Orang Yang Manja, Mengatasi Sikap Manja, Sikap Manja, Manja, Jangan Manja,
SUMBER

Semalam, temen gue si Putricewek tercantik se-desa konohaminta pendapat ke gue lewat SMS. Iya, gue sering banget dimintai pendapat dan diajak curhat, giliran diajak jadian gak pernah. Ngenes.

Di SMS, Putri nanya ke gue “Wan, emang orang yang manja itu polos atau nggak? Menurut lu apa?”

“Orang manja itu seperti.....”
belum selesai mengetik balasan, gue malah teringat salah satu ponakan gue yang umurnya masih tujuh tahun.  Bocah – bocah umur segitu emang lagi masa – masa kebinalannya. Segala permintaannya harus diturutin. Kelayapan gak kenal waktu, pulang ke rumah cuman atas kemauan perut sama pantat. Dan ponakan gue memiliki ciri – ciri tersebut. Parahnya lagi, dari masih netek sampe udah bisa minum pake sedotan, ponakan gue tetep manja, malah sikap manjanya makin menjadi – jadi. Makan masih disuapin. Mandi masih dimandiin. Make baju masih dipakein. PR sekolah dikerjain orang tuanya. Padahal seharusnya, bocah umur segitu biasanya udah bisa melakukan hal – hal tersebut secara mandiri tanpa perlu bantuan orang tua.

Kalo gue menengok ke belakang, dulu, gue di umur empat tahun udah dituntut untuk mandiri. Gak ada yang namanya mandi masih dimandiin atau makan masih disuapin. Karena setiap gue meminta untuk disuapin, orang tua gue bertanya “Kedua tanganmu yang udah dikasih sama Allah, gunanya apa?”, sejak saat itu gue udah gak pernah minta untuk disuapin. Kalo disuapin sama pacar sih mau, hehehehe tapi gak punya. Kasian.


Kembali ke soal sikap manja, manja emang selalu diungkit dengan anak kecil yang masih belum tau apa – apa. Padahal, sikap manja bisa ada pada kalangan siapa aja. Mau anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua, semua akan manja bila ada kemauan. Gak ada asap kalo gak ada api. Gak ada gledek kalo gak ada hujan. Sama halnya dengan, gak ada manja kalo gak ada kemauan. Yap, sikap manja akan muncul jika ada kemauan, dan sikap manja akan meledak menjadi tangisan, ngambek, marah, mengancam, atau kecewa jika kemauannya tidak terpenuhi. Misalnya
Surip dan Wati telah berpacaran selama 10 caturwulan. Suatu ketika, Wati ngambek kepada Surip lantaran Surip gak ngasih kabar karena Surip sibuk berternak tapir. Wati mengancam akan putus jika Surip tak kunjung memberi kabar.
Dari sini kita tahu bahwa, Wati menjadi manja karena nggak dikasih kabar sama Surip. Karena merasa kemauannya nggak terpenuhi, sikap manja Wati berubah menjadi ancaman putus supaya kembali mendapat perhatian Surip. Iya, di dalam hubungan pacaran itu, memberi kabar adalah kewajiban setiap umat yang menjalankannya. Apalagi umat LDR. Hukumnya fardu ‘ain.


Itulah sikap manja dari segi pandangan umum. Tapi kalo menurut gue, sikap manja itu sikap yang selalu memandang kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan kepentingan orang lain. Misalnya nih, gue kasih contoh lagi
Surip menderita penyakit mata ikan di bagian punggung. Merasa khawatir dengan keadaannya, Surip memaksa orang tuanya supaya Ia dioperasi plastik dengan biaya sebesar 30 juta. Surip nggak mau tau, pokoknya permintaan Surip harus terpenuhi. Bayangin, baru kena mata ikan aja harus operasi plastik, gimana kalo si Surip kesiram air keras?

Nah iya, sikap manja itu bisa berubah jadi keegoisan, malah ada yang sampe gak tau diri. Udah dikasih yang sesuai keinginannya, tapi malah terus meminta yang lebih. Kalo kalian punya pacar, lalu memaksa suatu hal yang di luar batas kemampuan pacar kalian karena dorongan keinginan pribadi, berarti kalian itu manja.
Jadi, seberapa sering kita memaksa keinginan kita yang hanya menguntungkan diri kita, tanpa merasakan hal yang dirasakan orang lain?
Bukan cuman kerugian yang kita berikan ke orang lain, tapi bisa aja kita telah memaksa orang lain untuk melakukan suatu hal yang dia sendiri saja tidak mau melakukannya.

Dampaknya adalahbagi kita yang sering bersikap manjasudah pasti dijauhi oleh orang – orang sekitar. Dianggap nyusahin, gak bisa diandalkan atau tidak mampu melakukan pekerjaan apapun. Mungkin hari ini masih bisa senyum – senyum, tapi kelak menjadi dewasa kita hanya akan menambahkan angka pengangguran di Indonesia.


Terus, gimana cara menghilangkan sikap manja?
Sikap manja gak perlu dihilangkan, hanya perlu dihindari jika udah kelewatan.

Lalu? Cara menghindarinya?
Sesuaikan antara keinginan dengan usaha. Maksudnya, jika kita memiliki keinginan yang besar, maka kita harus besar usaha juga. Jangan instan. Di dunia ini gak ada yang namanya instan. Sekalipun ada yang namanya mie instan, tapi mie tersebut harus dimasak dulu, ditaburi bumbu, baru deh dimakan. Kalo keinginan kalian belum sampai padahal usaha kalian telah sungguh – sungguh, berarti usaha kalian masih kurang. Tingkatkan lagi.

Banyak yang mengatakan proses itu amat penting. Memang. Kita harus mengalami pahitnya proses untuk suatu keberhasilan yang manis. Meski kita tidak akan memperlihatkan proses tersebut kepada orang lain, tapi jika unsur proses itu hilang, maka kita tidak akan sampai pada keinginan yang ingin kita capai.


Untuk mengahadapi orang yang suka manja berlebihan, hadapi dengan pelan – pelan. Berikan contoh melalui tindakan, bukan lewat perkataan. Sikap manja dapat diatasi lewat pengalaman bukan karena suruhan atau paksaan. Seperti kita mengajarkan anak balita mandi sendiri untuk pertama kali. Kita memberikan contoh hal - hal apa yang perlu dilakukan saat mandi. Tentu, anak balita tersebut gak akan langsung bisa mandi sendiri secara bersih. Tapi dengan lama kelamaan, anak balita tersebut menjadi terbiasa. Dengan begitu, kita telah memberikan Ia pengalaman. Dengan memiliki pengalaman, kita telah memiliki bekal untuk masa depan.

14 Komentar:

  1. Pokoknya anak kecil jgn terlalu dimanjain, nanti pas udah besar ngelunjak. -Kata orang dahulu-

    Nah, terus gimana dengan pacar yg sok manja? Menye-menye sana sini? Duh, manja boleh, asal jgn berlebihan. :p #Yakali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba diteliti dulu dia manja apa butuh perhatian ( .__.)/|

      Hapus
  2. Gue juga jadi inget waktu kecil. Gue masih TK aja udah berangkat sendiri, apa-apa sendiri. Karena ditinggal orang tua yang sibuk kerja. SMP udah jauh dari orang tua, jadi sekarang gue tumbuh dengan mandiri, bukan BCA apalagi BRI #lah beda banget dengan adek gue yang sekarang kelas 1 SD. Manja, masih dimandiin dan masih dianterin ke sekolah.

    Salam,
    ThrwBlog http://thrw.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebelas dua belas lah sama ponakan gue. Manjanya kebangetan

      Hapus
  3. PR semestinya di kerja sendiri, kalo kata gue sih gitu. ya bener sih-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaak, kan yang sekolah anaknya, bukan orang tuanya, orang tua kan tugasnya mencukupi biaya sekolah

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kalo udah remaja tapi masih manja, mending dicebur ke laut aja kali ya~ *sebel sama salah seorang temen*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^ lagi ngasih kode ke seseorang ( .__.)/|

      Hapus
  6. gua semenjak SMP baru berangkat sendiri .. soalnya waktu SD bukan karena manja tapi gak ada angkot yang arah kerumah kami .. #Absurd

    Salam Tamfan
    adamhasnan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mulai remaja harus stop dianterin ke sekolah :))

      Hapus
  7. Duh, aku jadi ingin dimanja.

    BalasHapus